[a word] Musik Malam

Aku kian takjub.

Menikmati nada-nada malam terlampau membuat rasa kantukku enyah. Desiran angin menyapu jendela, riuh decak binatang malam, suara samar Murratal, bahkan desah nafas yang bergesekkan dengan dinding hidung, semua berkolaborasi menjamukan karya seni terbaik milik Tuhan. Musik malam.

Subhanallah! Dunia bisa sebegitu diamnya di kala gelap. Bahkan detikan jam pun, kedipan mata pun, gemeretak sendi pun, semuanya begitu terang terdengar di telinga. Menakjubkan!

Aku tak sedang pulas lantas ngelantur, atau terkantuk-kantuk sambil mengangguk. Aku tengah duduk berlipat kaki, berhampar kain hijau bergambar kubah. Tentu saja, malam ini takkan kuacuhkan hanya dengan menikmati alam mimpi. Sama sekali tidak. Aku ingin terjaga, lantas berkisah pada-Nya, Penguasa Malam.

Allah, belum kudapati sepenggal keyakinan di lobus hati. Tak pula ku mampu memetik simpulan-simpulan petanda dari-Mu. Belum kutemui kelurusan tentang ini, tentang jalan yang mulai kutapaki ini. Rasanya, semua bak benang-benang kusut, atau justru rantai-rantai tak bertautan. Ah, aku tak tahu. Aku hanya meminta:

Allah, sungguh, Engkau adalah Mahakuasa, sedang aku tak berkuasa. Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahui. Dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih baik pula) akibatnya (di dunia dan akhirat), maka takdirkanlah aku dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih buruk pula) akibatnya (di dunia dan akhirat), maka jauhkanlah urusan ini, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku dimana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya. aamiin.

Engkau mengetahuiku lebih dari yang kutahu. Dan jawaban-jawaban-Mu jauh lebih bijaksana dari permintaan-permintaanku. Sungguh, Engkau benar-benar mengerti apa yang tak kumengerti. Maka tunjukkanlah jalan itu, agar segera kulepas kulit-kulit lama, dan merajut kulit-kulit baru nan indah di jiwaku. aamiin

3 thoughts on “[a word] Musik Malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s